Minggu, 21 November 2021

ALASANKU SIMPAN DANA SEKOLAH ANAK DI REKSADANA SAHAM

 Serpong. 22 November 2021


Hai semuanya, kali ini aku mau sharing kenapa aku simpan, lebih tepatnya memilih Investasi di Reksadana Saham untuk alokasi dana pendidikan anakku. 

Sebenarnya saat ini anakku sudah berusia sekitar 18 bulan. Usia perkiraan dia sekolah nanti masih sekitar 6 tahun lagi. Namun menurutku alangkah baiknya kalau dana pendidikannya sudah kusiapkan dari sekarang karena lokasi tempat tinggalku di daerah Tangerang Selatan, di mana biaya pendidikan di sini tidak murah. 

Oh ya untuk yang belum tahu apa itu Reksadana bisa mampir dulu ke sini ya 

http://nisaalifamenulis.blogspot.com/search?q=reksadana+

Di sini teman - teman bisa mengenal tentang Reksadana itu apa terlebih dahulu. 

Sebenarnya ada banyak instrumen yang bisa digunakan untuk menyiapkan dana pendidikan anak. Namun aku memilih di Reksadana Saham karena :

1. Dana yang diperlukan untuk top up bisa dimulai dari Rp50.000 saja. Dan tidak harus setiap bulan menyetorkan uang, bebas kapan pun.


2. Fleksibel waktu top up bisa kapan pun di manapun karena semuanya diakses melalui hp dan pembayaran bisa dari mobile banking.

3. Misal sewaktu-waktu butuh, ( misal ada kondisi butuh uang trus mau diambil uangnya di Reksadana ) maka pencairan dananya juga mudah melalui handphone dengan dikenai biaya sebesar 1% dari nominal dana yang ditarik. Nanti uang akan masuk ke rekening kita untuk pengambilan dananya. Waktu yang dibuthkan dari mulai pengajuan sampai dana cair ke rekening sekitar 3 - 7 hari kerja.

4. Rentang waktu masuk sekolah yang masih lama ( 6 tahun lagi ) memungkinkan agar nilai investasi yang kita masukkan di Reksadana Saham akan bertambah dalam kurun waktu tersebut. Namun kenaikan nilai yang tinggi juga dibarengi dengan penurunan nilai yang bisa tinggi juga. Sehingga pahami dulu soal Reksadana ini. Sehingga teman-teman bisa menentukan mau memilih yang Reksadana Saham Campuran atau Pendapatan Tetap.


Saat ini aku menggunakan Aplikasi Bareksa untuk aktivitas Reksadanaku. Sempat mencoba aplikasi lain tapi masih paling nyaman di Bareksa. Insya Allah aku akan post perbedaan aplikasi Bareksa dan aplikasi lain yang sempat kugunakan.

Semoga bermanfaat ya teman - teman.




23 komentar:

  1. Reksadana bisa dipakai buat nabung ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau nabung ini artinya uang bisa diambil sewaktu waktu mom, sedangkan reksadana enggak bisa. secara bahasa ekonominya begtu mom.

      Hapus
  2. Reksadana jadi pilihan suamiku juga, aman dan mudah dipahami buat pemula :D

    BalasHapus
  3. Lumayan nih infornya buat referensi. Terima kasih mbaa

    BalasHapus
  4. Esh, topik favorit. Apakah pencairannya mudah? Says agak kurang paham. Terima kasoh mba tulisannya memcerahkan. Semangat berinvestasi

    BalasHapus
  5. Tambahan informasi lagi deh ini soal reksadana, soalnya saya lebih suka cari informasi dari orang yang sudah melakukan/menjalani daripada dari artikel biasa.

    BalasHapus
  6. Terima kasih informasinya, kak
    Jadi pertimbangan buat ikut reksadana kalau baca pengalaman yang sudah ikutan

    BalasHapus
  7. aq jg pakai reksadana kak u/ nabung jg

    BalasHapus
  8. Aku pikir reksadana cuman saham aja bund... Ternyata bisa nabung juga ya

    BalasHapus
  9. Sama nih kak, saya juga nabung di bibit reksadana. Lebih fleksibel sih menurut saya.

    BalasHapus
  10. Kalau aku masih belum ngerti dan faham betul tenah reksadana ataupun saham. Jadi masih ragu gitu.
    Eh tapi ada ya reksadana saham? Bukan reksadana sendiri, saham sendiri

    BalasHapus
  11. kalau udh fasih dengan reksadana saham coba beli saham, lebih seru ...saya mulai dari yg blue chip biar tenang...

    BalasHapus
  12. Wah saya belum paham ini. Harus banyak belajar dari pengguna. Terima kasih ya mbak Nisa 🙏🏽

    BalasHapus
  13. aku belum punya reksadana mba.... selama ini nabung emas aja, belinya dikit2 kalau lagi turun harganya. pengen juga coba reksadana tapi masih lagi mengumpulkan informasi ... thanks untuk sharingnya

    BalasHapus
  14. makasih infonya mbak. aq belum punya reksadana, masih cari-cari info

    BalasHapus
  15. Masyaa Allah, investasi sejak kecil

    BalasHapus
  16. Saya nyoba Bibit dan friendly user banget. Membuat yang nggak paham Reksadana kayak saya jaid cepet ngerti

    BalasHapus
  17. Kebetulan lagi cari info tentang ini. Makasih mbak

    BalasHapus