Senin, 24 Januari 2022

MENJADI IBU BERDAYA PENUH IMPIAN


 Menjadi Ibu merupakan salah satu bagian dari perjalanan spiritual seorang wanita. Melalui ini, kesabaran kita, keputusan keputusan kita menjadi banyak ujian. Termasuk merubah juga kehidupan kita.

Assaalammualaikum gengs, beberapa hari yang lalu aku sharing materi ini di grup Ibu Ibu. Antusiasmenya cukup bagus dan haru biru ungu mejikuhibiniu 

jadi aku pengen sharing ini juga ke kalian geng, siapa tahu manfaat dan menginspirasi 


Pola pengasuhan pada jaman dulu yang menitikberatkan pada sosok Ibu, menjadikan peran pengasuhan berat sebelah hanya jatuh pada sosok ibu. Alhamdulillahnya kita saat ini hidup di era informasi yang membuat kita mampu mengakses keilmuan parenting secara luas dan mudah. 

Namun tetap saja pengetahuan soal berbagi pengasuhan bersama suami masih menjadi pro dan kontra. Sehingga kita sebisa mungkin bersabar dalam menghadapi.


Jeng jengggggggg.......


Kalau untuk aku pribadi ini zuzur punya anak adalah sumber kekuatan utama yaa untuk berproses lebih baik. Untuk mengupayakan dan mengusahakan yg terbaik juga. Aku punya resolusi dan brain mapping terkait hal ini 


Aku ada beberapa hal yang mungkin bisa dicontek BukIbuk semua yaa

bisa ditulis dalam buku yaaa :

Apa saja yang akan kuperjuangkan untuk anakku di tahun ini?

1.

2.

3.

4.

Apa yang mau kupelajari untuk anakku di tahun ini?

1.

2.

3.

Sifat dan sikap apa yang mau kuhilangkan dalam pengasuhan?

1.

2.

3.

Sifat dan sikap apa yang mau kupertahankan dalam pengasuhan?

1.

2.

Ini bisa BukIbuk modifikasi disesuaikan dengan apa yang BukIbuk pengen 

yang paling baik, sih ngajak ayahnya buat ikutan hehhe

tapi tetep mulai aja dulu dari diri sendiri


Dubidu bidudududuu

Ini masih nyambung sama daftar di atas tadi ya BukIbuk

sungguh dengan membekali diri ilmu tuh nggak ada ruginya.


Ilmu-Ilmu yang bermanfaat selain ilmu Parenting dan Kesehatan Anak yang bisa kita pelajari contohnya :

1. Ilmu tentang Hobi yang kita suka 

2. Mengelola Keuangan 

3. Pengembangan diri 

4. menghasilkan uang secara online

setiap hari, kita bisa sediakan waktu 10 menit untuk belajar 5 menit praktek sudah cukup baik, sampai akhirnya menjadi konsisten 

kalau untuk aku saat ini :

1. Ilmu tentang Hobi yang kita suka : menulis novel 

2. Mengelola Keuangan : belajar investasi saham dan budgeting

3. Pengembangan diri : Healing dari Inner Child

4. menghasilkan uang secara online : menghasilkan uang dari upload foto di Shuttershock



Lalalalalalla

alhamdulillah kan kita udah gabung di grup Ibu Ibu ini termasuk juga dalam ranah menambah teman. Sehingga kita dengan adanya teman, tidak ada perasaan merasa sendiri. Pertemanan juga bisa punya banyak manfaat yg luar biasa dalam kehidupan. Jangan jadi silent reader saat dalam grup komunitas. Maksimalkan dengan aktif dan juga saling menyapa satu sama lainnya.


hnaaaahhhhhhh ini tuhhh yang bikin antara ibu bekerja dan ibu di rumah jadi tampak timpang di masyarakat. padahal jaman sekarang nih yaa dapat penghasilan dari rumah aja juga bisaaaa ( bukan ajakan MLM ya gengssss, hehhehehhe)

apalagi pengalamanku dengan sesama mompreneur, momfluencer 

semua bekerja dari rumah dengan nilai pemasukan yg enggakkalah dengan aku yg bekerja 

jadi gali info soal ini dengan maksimal ya gengss

sedangkan soal mengelola uang ini juga penting karena sebanyak apapun pemasukan kita, kalau tidak  dikelola secara benar maka rasanya enggak punya uang. jadi pelajari bagaimana baiknya mengelola uang sebagai bentuk perisai diri kalau ada apa apa terjadi


nah ini coba diisi versi kalian ya gengssss

Nah dari sini ya BukIbuk

Menurutku, Ibu yg Berdaya artinya Ibu yg memiliki kemampuan 

Kemampuan ini dalam arti mampu memberdayakan diri dan mengupayakan kesejahteraan dirinya 

Perempuan yg bekerja belum tentu berdaya 

Bisa jadi dia tidak mampu memperjuangkan kebahagiaan dirinya sendiri atau hal hal yg diinginkan nya 

Perempuan yg tidak bekerja belum tentu juga nggak berdaya 

Bisa jadi karena ilmu yg dimilikinya dia mampu memperjuangkan hak - haknya

Kita ambil contoh yg sekarang lagi trending banget kan Mommy ASF ini 🤭 


Kebetulan aku tahu banget pas jaman viral kisahnya di Facebook sekitar tahun 2019 

Kondisi beliau saat itu IRT dengan 5 anak, 1 anak meninggal setelah proses melahirkan

Ditinggal suaminya selingkuh

Sempat menjalani poligami, tapi kemudian memutuskan berpisah. Setelah itu pun dalam proses perpisahan nya, uang nafkah nggak dikasih sampek bingung anaknya minta potong rambut, nggak punya uang T.T

Kan kebayang ya betapa enggak berdaya nya dia waktu itu 

Alhamdulillah melalui proses yg panjang dan luar biasa 

Tahu tahu beliau udah jadi seperti sekarang 

Lama nggak kedengaran kabarnya di Facebook ternyata udah punya klinik hewan di daerah Malang 

Bukunya sold dan jadi Web Series viraL

Ini salah satu kisah  Perempuan Berdaya ya BukIbuk. Kita bisa kok jadi Perempuan Berdaya versi kita sendiri 

Tentunya asal memang kita ada proses ke arah sana.


Kita lanjut ke soal Impian kita 

setelah kita punya anak, rasanya ada tanggung jawab yg mengikuti kita. rasanya jadi muncul begitu banyak dilema dalam kehidupan ini 

- mau ngejar karir tapi ada anak

- mau sekolah ke luar negeri tapi ada anak

- mau xxxxxx tapi ada anak

pasti ada hal-hal seperti itu yang bergelayut dalam pikiran dan hati kecil kita. 

namun, tentunya hal tersebut jangan sampai menimbulkan penyesalan atas kehadiran buah hati kita tadi ya. sejatinya anak terlahir di dunia karena perbuatan orang tuanya kan? pasti sedih banget kalau anak kita misal udah gedhe trus denger...."oh, ibuku gagal jadi manager karena ada aku"

di awal - awal pun aku juga merasa begitu BukIbuk

merasa aku mengorbankan banyak hal untuk anakku sampai akhirnya aku sadar

aku memilih punya anak, maka segala hal yang aku lakukan karena aku memilih untuk melakukannya bukan karena berkorban demi anakku

menyadari secara utuh dan adem atas pilihan kita tadi insya Allah di kemudian hari, kita akan terhindar dari penyesalan atas impian kita.

aku kaish contoh ya gengs....

waktu aku kecil, aku punya cita-cita nih jadi penulis. alhamdulillah udah jalan nih pas anak belum lahir, nah pas anak lahir, aku sempat berhenti menulis buku dan ini bukan karena aku berkorban untuk anakku.

karena aku yang memilih istirahat dulu dari menulis buku karena aku mau memberi tubuhku waktu istirahat yang cukup supaya bisa mendampingi anak dan suami secara optimal. alhamdulillah tahun ini udah persiapan mau nulis buku lagi 

nah, dinamis banget kok impian itu. Ada yg mungkin bisa kita tunda dulu, lalu mulai lagi. Ada yang dirubah atau bahkan ada yang masih akan dikejar.

semua pilihan itu kamu yg tentukan🥰kamu yg perjuangkan

Kalau Kinan ke Capadocia adalah her dream 

Kalau kalian apa BukIbuk ? 🥰🥰


Kalau aku setuju banget sama Om Deddy Corbuzier melalui salah Satu Reelsnya 

Soalnya impian itu tanggung jawab dirimu sendiri 

Mempercayakan mimpi kita ke orang lain

Sama dengan bersiap untuk kecewa atau bahagia bersamaan 

Tapi kalau percayakan mimpi kita sendiri ke diri kita sendiri 

Kita bersiap bahagia tanpa takut kecewa 

Kenapa nggak takut kecewa? Karena kita percaya kalau diri kita sudah berjuang semaksimal mungkin :)


Peluk jauh dari aku, Allah selalu bersama kita :)

33 komentar:

  1. Masyaa Allah.. tulisan yang menginspirasi banget Mba..
    Btw, penasaran dengan meraup cuan lewat shuttershock.
    Pernah nulis tentang ini Mba?

    BalasHapus
    Balasan
    1. belum sih mbak karena aku masih proses upload foto. minimal butuh 1000 foto supaya bisa menghasilkan uang atau monetisasi. hehheh ...selain itu dari foto foto yang kita upload juga masih seleksi enggak langsung upload dan disetujui sistem.

      Hapus
  2. MasyaAllah ... terkadang kita harua memikirkan hal itu ya. Kerenbanget idenya Mbak. Kalau begini kita bisa jadi orang beruntung yang hari esok selalu lebih baik dalam beramal perbuatan.

    BalasHapus
  3. Masyaa Allah, lagi belajar beedaya jg nih meski nggak keeja di luar dn di rumah aja ngurus rumah tangga

    BalasHapus
    Balasan
    1. semangat ya mbak, karena memang wanita berdaya bida dari ranah mana saja :)

      Hapus
  4. kalau impian saya, tetap berdaya dimanapun saya mengambil peran. Menurut saya berdaya adalah pilihan bukan paksaan. Namun yang pasti kita harus mempertanggungjawabkan pilihan yang diambil

    BalasHapus
  5. Jika sedang lelah dalam menggapai impian, istirahat sejenak, lalu lanjutkan lagi hingga impian itu tercapai. Good sharing, Mba.

    BalasHapus
  6. Menginspirasi banget nih, bisa dicontek untuk sarana refleksi diri sebagai ibu berdaya

    BalasHapus
  7. Ah ... Saya nggak sanggup membaca sampai selesai. Tulisan mbak bagus. Tapi jadi teringat almarhumah yang mungkin cita-cita dan mimpinya terhalang karena membesarkan saya. Semangat terus mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. peluk jauh mbka Vy, Al Fatihah buat almarhumah. ,memang banyak di luar sana para ibu yang mengubur cita citanya demi pengasuhan anak. insya Allah jadi catatan kebaikan dan amalan baik almarhumah :)

      Hapus
    2. Makasih mbak, semoga tetap menjadi ibu yang berdaya dan bermanfaat bagi sekitar

      Hapus
  8. wah aku ikut nulis ah langkah -langkah yang deep talk ini ... aku mebaca ini jadi kayak sednag berdiskusi dg diriku.. aku kadng juga gitu..pengenini itu tapi kan skrg sudah ada anak orientasinya pasti juga berbeda hiks

    BalasHapus
  9. Keren banget tulisannya
    Sudah ku simpan dan nanti mau aku ikuti langkah-langkahnya buat refleksi diri

    BalasHapus
  10. ibu berdaya iyess banget, saya juga mau nih yg begini mba.... ibu kalo mo berdaya ya jangan takut mimpi... dan kadang itu ngga sederhana juga utk berani punya mimpi sendri dan wujudin jd nyata .... soalnya sebagai ibu kita kayak lebih mikirin anggota keluarga daripada diri kita sendiri ya.... but after all mimpi kita ngga boleh angus krn dgn mimpi itu kita jd melek buat ngejernya ya gaaakkk

    BalasHapus
  11. Yap penting bgt buat para otu, especially ibu utk makin paham mengenai hal ini.
    Supaya kita semua kian empowered ye kan

    BalasHapus
  12. Ibu berdaya artinya ibu yang memiliki kemampuan, mampu memberdayakan diri dan mengupayakan kesejahteraan dirinya. Setuju sekali. Semangat kita para Ibu!

    BalasHapus
  13. Melted dan terharu sekali ketika membaca di part : Mengejar impian bagi seorang Ibu bukan hal yang tabu. Kelak di ujung waktu, anakmu pasti bangga memilikimu. Masya Allah ❤

    BalasHapus
  14. Impianku berdaya dari rumah, dulu pikiranku aku bakal buka warung kelontong saja supaya bisa tetap menghasilkan dari rumah. Tapi suami nggak kasih izin.

    Menulis ini juga nggak kasih izin sebenarnya, tapi saya nekat. Apalagi yang bisa saya lakukan untuk tetap bekerja tanpa meninggalkan anak-anak dan fleksible waktunya. Bisa disambi ngurus anak dan domestik.

    BalasHapus
  15. Mbak...thank you atas pencerahannya nih. memang setiap diri kita punya mimpi, yang terkadang mimpi itu harus berhenti terlebih dahulu karena kesibukan kita mengurus keluarga ya? Semoga semua mimpi kita akn terealisasi. Amiin.

    BalasHapus
  16. Menarik banget mba tentang Ibu berdaya, coba baca buku Mother empowers - puty puar. Benar-benar membangkitkan Ibu dari rasa insekyur

    BalasHapus
  17. Pertama kali kenal Ponds tuh pas SMA, pakai facial washnya. Bersyukur kemarin ketemu jg sama serum masknya inii hihi sempet pakai juga dan wowww sekali pakai aku ngerasain banget perbedaannya, apaalagi aman buat ibu hamil dan busui yah, pastinya jadi aman juga untuk kulit kita

    BalasHapus
  18. Semangat bunda. Jadi ibu rasanya tralala trilili. 🤭 Kadang pengen nangis, dengan lebih berdaya kita jadi bahagia

    BalasHapus
  19. Semnagat, terap belajar dan berusaha yang terbaik...buat saya juga termasuk. hal yang nggak mudah setelah menajani ijak kabul

    BalasHapus
  20. Impian semua wanita walaupun sudah menikah, punya anak tetap memiliki cita-cita. Aku pun begitu. Tetap semangat.

    BalasHapus
  21. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  22. Iya, perempuan bisa berdaya dan punya impian asal punya kesempatan dan dukungan ya mbak

    BalasHapus
  23. Semua perempuan bakal lebih prepare setelah menikah, karena nahkoda dlaam rumah tangga dia ya si perempuan itu nggak ada lagi ..makanya nggak herak kalau perempuan dan nikah tu pinter banget hahah

    BalasHapus
  24. Thank you for sharing, Mbak Nisa. Menjadi perempuan yang berdaya itu yang penting dan itu pun bisa dilakukan di rumah. Ibu yang berdaya akan jadi contoh baik untuk anak-anak. Berdaya bukan sekadar soal materi tapi soal meraih mimpi dan bahagia.

    BalasHapus
  25. ibu berdaya, yup jadi ibu mah perlu perjuangan ya

    BalasHapus
  26. Artikel yang cocok dan pas untuk ibu-ibu sepertiku.. tks ka

    BalasHapus
  27. Buat kita perempuan keluarga seringkali jadi pusat perhatian ya

    BalasHapus
  28. Maasyaallah, hidup seorang wanita itu memang lika-liku ya. Apalagi saat menjadi ibu, multi peran harus dijalani. Namun saat menjadi ibu, kita tidak perlu kehilangan diri sendiri.

    BalasHapus
  29. Makin beranjak dewasa ternyata mimpi itu ngga selalu harus diwujudkan sebab ada realita yang sudah kita pilih, misalnya mimpi kuliah ke luar negeri namun sudah memiliki anak, nyatanya kita memilih kuliah lokal saja, artinya mimpi itu memang kadang penyemangat namun tetap harus memilih apa yang terbaik untuk kita dan keluarga misalnya. Semoga makin banyak tulisannya yaa mb nisa.

    BalasHapus